INFORMATICS HEALTH 2010

kampus informatika ITS– “Disini mahasiswa nya suka makan biting ya?” Pertanyaan itu yang pertama kali dilontarkan pembicara dan membuat peserta yang hadir jadi tersipu-sipu, mungkin karena kenyataannya memang benar bahwa sebagian peserta yang hadir ada yang suka makan biting. Dengan umur yang tidak muda lagi, Dr. Merryana Adriani, SKM, M.Kes masih tetap bisa membawakan materi dengan santai, penuh canda, dan semangat remaja.

Beberapa bagian materi dari kuliah tamu ini menjelaskan tentang bahan-bahan pembuat rokok yang ternyata semua elemennya terbuat dari racun yang tidak semestinya diserap oleh tubuh. Juga tentang karbohidrat, protein, dan unsur unsur penting lainnya yang harus diperhatikan porsinya di dalam tubuh. Bila karbohidrat atau protein berlebihan dikonsumsi, itu juga tidak baik bagi tubuh. Ibu Merryana mengatakan, “Yang baik itu, nasi dipiring cukup setengah saja, sisanya lauk pauk.” Itu merupakan cara makan yang baik untuk menghindari kegemukan. Mie dan Telor tidak baik juga dikonsumsi terlalu sering. Bahkan seharusnya, mie maksimal dimakan 3 kali seminggu. Tidak boleh lebih dari itu. Begitu juga dengan telor, yang merupakan makanan yang mengandung banyak unsur proteinnya, tidak baik bila dikonsumsi terlalu sering. (baca: setiap hari).

Pola hidup yang sehat juga harus didukung oleh waktu tidur yang cukup yakni 6-8 jam sehari. Hal ini sedikit membuat mahasiswa jurusan Teknik Informatika yang kegiatannya amat banyak, menjadi sedikit bimbang dan berpikir bagaimana caranya supaya tugas beres tapi tidur juga cukup.Pernyataan tadi secara spontan menggelitik peserta ketika pembawa acara-Rio Bayu Afrianto- berkata, “Ya kalau ada tugas, ditinggal tidur aja. Serahkan pada teman yang bisa mengerjakan. Kan tidurnya bisa giliran..” Khusus untuk pendapat pembawa acara, ini diluar materi dari pembicara dan hanya bermaksud mencairkan suasana.

Di awal materi, Dr. Merryana mengaku amat terkejut ketika diundang oleh Jurusan Teknik Informatika yang sudah jelas tidak ada materi pada jurusan ini yang menyangkit tentang kesehatan. Tak disangka juga ketika sesi Tanya Jawab, peserta berlomba-lomba mengacungkan tangan untuk mendapatkan giliran mengajukan pertanyaan.

Pertanyaan pertama diajukan oleh Dewa angkatan 2008. Singkat tapi lengkap, Dewa bertanya tentang kopi, diet, dan hubungannya dengan kehidupan kost. Kemudian disusul pertanyaan lainnya oleh Suci dan beberapa peserta lain. Sebagian besar ada hubungannya dengan kehidupan kost dan mahasiswa.

Hingga mendekati detik-detik menjelang acara ditutup, masih banyak peserta yang belum terjawab pertanyaannya. Ini menggambarkan animo mahasiswa Informatika ITS yang cukup besar terhadap kuliah tamu ini.

Menyandang Tema “Hidup Sehat ala Mahasiswa” dan judul kegiatan “Informatics Health 2010”, kuliah tamu kali ini mampu membuka mata mahasiswa Informatika tentang pentingnya kesehatan bagi mahasiswa. Meskipun kuliah tamu yang diadakan tanggal 23 Maret ini telah selesai, Departemen PSDM masih memiliki agenda kuliah tamu lainnya yang diharapkan akan dapat menarik mahasiswa lebih banyak dari acara sebelumnya. (ayde)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: