PKM-GT.COM : AJANG KOMPETISI PKM TINGKAT JURUSAN

Bukan jamannya lagi mahasiswa informatika hanya berdiam di depan laptop, social networking, ngoding, atau nge-game. Sudah saatnya mahasiswa menunjukkan potensinya di bidang lain. Misalnya melalui karya tulis ilmiah. Dengan pembuatan karya tulis ilmiah, mahasiswa tidak hanya dituntut untuk membuat suatu ide yang inovatif dan berguna bagi masyarakat, namun juga paham bagaimana cara menuangkan ide tersebut ke dalam bentuk tulisan, sehingga pembaca dapat menangkap gagasan dari mahasiswa tersebut.

Di Jurusan Informatika kini telah tersedia media untuk melombakan gagasan-gagasan mahasiswa Informatika, yakni melalui acara “PKM-GT.COM” atau PKM-GT Competition. Acara ini merupakan pertama kalinya diadakan di tingkat jurusan, khusus di bidang penulisan karya tulis ilmiah untuk mahasiswa Teknik Informatika. Tema dari acara ini adalah “Berprestasi dan Berkarya untuk Masyarakat melalui Karya Tulis Ilmiah”. Kompetisi ini bertujuan mengembangkan potensi mahasiswa di bidang penulisan karya ilmiah sekaligus menanamkan kecintaan mahasiswa Informatika di bidang ini. Acara ini juga merupakan kelanjutan dari kegiatan “PKTI ” yang diadakan tanggal  12 dan 13 Desember 2009 untuk pengaplikasian ilmu yang didapatkan peserta dari kegiatan PKTI.

Kompetisi ini diikuti oleh mahasiswa Informatika dari berbagai angkatan. Karya tulis yang masuk untuk seleksi administrasi dan konsep adalah sebanyak 57 karya. Ini membuktikan bahwa animo mahasiswa Informatika terhadap PKM-GT terlihat meningkat dari jumlahnya yang tahun lalu . Proses seleksi pun diadakan sebanyak dua tahap. Tahap pertama adalah seleksi administrasi dari Tim Sukses Keilmiahan, dimana kelompok ini khusus dibentuk oleh Departemen Ristek HMTC dalam rangka kompetisi PKM di tingkat jurusan, ITS, dan persiapan untuk PIMNAS. Tahap kedua adalah seleksi dari Juri. Pada kompetisi PKM-GT kali ini, juri terdiri dari 3 orang yang berasal dari dosen Teknik Informatika sebanyak 2 orang dan 1 orang dosen bahasa Indonesia.

Penyeleksian dilakukan selama 6 hari dari tanggal 13 Februari – 18 Februari 2010. Dari proses ini didapatkan 10 finalis yang maju ke babak grandfinal untuk mempresentasikan karya tulis ilmiahnya. Kesepuluh finalis tersebut antara lain:

  1. Felix Handani – Romin Adi Santoso – Benedictus Anindito dengan judul “PENGGUNAAN RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID) PADA KARTU TANDA PENDUDUK (KTP) SEBAGAI SOLUSI MASALAH DATA KEPENDUDUKAN”
  2. Muhammad Najib – Muhammad Rian Arif P. – Ahmad Kadiq dengan judul “PENJERNIHAN SARI BUAH APEL MENGGUNAKAN ZEOLIT DAN ARANG AKTIF”
  3. Siska Arifiani – Vika Fitratunnany – Ariestia Ramadhani dengan judul “KONSEP WADAH PENCERNA PADA AMONIASI KOTORAN TERNAK DENGAN LIMBAH PEKARANGAN SEBAGAI SUMBER PROTEIN TERNAK : TEKNOLOGI BARU UNTUK MEMBANTU PETERNAK DALAM MEMPRODUKSI PAKAN TERNAK YANG BERKUALITAS DENGAN BIAYA YANG RELATIF TERJANGKAU”
  4. Eva Yuliani – Anik Hanifatul Azizah – Ahmad Najibulloh dengan judul “ENTERPRENEURSHIP FOR KIDS PROGRAM”
  5. Sally Indah K. – Fariani Dewi Y. – Rieki Trisno S. dengan judul “CANGKANG TELUR SEBAGAI PENINGKAT KALSIUM PADA TANAMAN”
  6. Bernard Denata – Agus Sukiawan – Ronny Chayadi Santoso dengan judul “PEMANFAATAN GPS UNTUK MENCEGAH ANAK HILANG”
  7. I Wayan Suartika – Novan Rizky S.- I Putu Suryadharma dengan judul “PEMANFAATAN SAMPAH ANORGANIK SEBAGAI SOLUSI ALTERNATIF UNTUK MENGATASI KRISIS LISTRIK GLOBAL”
  8. Nurina Aisyah F. – Faizah Alkaff – Yustina Retno dengan judul “OPTIMALISASI FUNGSI KTM UNTUK BASMI TA “TITIP ABSEN” MELALUI ABSENSI ELEKTRIK”
  9. Annisa U. I. – Nurrahmi Fitri – Laili Cahyani dengan judul “PEMANFAATAN ASAM ABSISAT UNTUK

MEMPERLAMBAT PEMATANGAN BUAH-BUAHAN EKSPOR”

  1. Arsya P. – Rosiadi Dwiana – Intan Dzikria dengan judul “JAM TANGAN PEMANCAR SINYAL TELEPON, KONSEP INOVASI TEKNOLOGI SEBAGAI SOLUSI DARI MASALAH KEKURANGAN SINYAL”

Dari judul karya diatas, terbukti bahwa ketertarikan mahasiswa Informatika tidak terbatas pada bidang ilmunya saja, karena sebagian dari finalis mengambil topik di luar bidang teknologi informasi.

Pada grandfinal yang diadakan tanggal 20 Februari 2010, kesepuluh finalis menunjukan kemampuan presentasi nya dengan maksimal. Dengan sikap dan gaya yang berbeda, setiap finalis menyampaikan presentasinya di depan juri. Humor yang menggelitik kerap dilontarkan peserta di tengah-tengah presentasi sehingga suasana tidak terasa sebeku es batu. Begitulah yang terjadi di Ruang Sidang Teknik Informatika dari jam 08.00-11.30 WIB.

Sebagai penutup acara, pengumuman Finalis merupakan moment yang ditunggu-tunggu oleh peserta. Pemenang pada acara kali ini terdiri dari beberapa kategori, yaitu juara 1, juara 2, juara 3, karya tulis dengan ide terbaik, karya tulis pilihan TSK (Tim Sukses Keilmiahan), presenter terbaik.

Judul-judul berikut merupakan pemenang dari kompetisi kali ini :

Juara 1 : PENGGUNAAN RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID) PADA KARTU TANDA PENDUDUK (KTP) SEBAGAI SOLUSI MASALAH DATA KEPENDUDUKAN

Juara 2 : KONSEP WADAH PENCERNA PADA AMONIASI KOTORAN TERNAK DENGAN LIMBAH PEKARANGAN SEBAGAI SUMBER PROTEIN TERNAK : TEKNOLOGI BARU UNTUK MEMBANTU PETERNAK DALAM MEMPRODUKSI PAKAN TERNAK YANG BERKUALITAS DENGAN BIAYA YANG RELATIF TERJANGKAU

Juara 3 : PEMANFAATAN GPS UNTUK MENCEGAH ANAK HILANG

Berikut ini adalah pemenang dari kategori lainnya :

Ide Terbaik : OPTIMALISASI FUNGSI KTM UNTUK BASMI TA “TITIP ABSEN” MELALUI ABSENSI ELEKTRIK

PKM dengan Nilai Terbaik versi TSK : KONSEP WADAH PENCERNA PADA AMONIASI KOTORAN TERNAK DENGAN LIMBAH PEKARANGAN SEBAGAI SUMBER PROTEIN TERNAK : TEKNOLOGI BARU UNTUK MEMBANTU PETERNAK DALAM MEMPRODUKSI PAKAN TERNAK YANG BERKUALITAS DENGAN BIAYA YANG RELATIF TERJANGKAU

Presenter Terbaik : Bernard Denata

Kompetisi kali ini berjalan dengan lancar. Meskipun tidak ada kendala yang amat berarti, panitia dan segenap elemen yang mendukung kompetisi ini tidak puas sampai disini. Perjalanan menuju PIMNAS masih panjang. Kerja keras peserta dan semua pihak amat mendukung untuk melahirkan karya-karya yang berbobot dan mahasiswa yang prestatif di bidang karya tulis. Bila semangat menulis ini tetap ada pada diri mahasiswa Informatika, cepat atau lambat pasti akan dapat menjadi wakil ITS untuk maju ke PIMNAS. Vivat!!!! (adp)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: