Artikel tentangku..^^[bagian 1]

Klo orang jaman dulu ingin menyimpan artikel-artikel tentang dirinya dengan cara menempel artikel di buku, klo orang jaman sekarang udah lebih canggih..udah ada internet…Soo,,enakan nyimpen artikel itu pake blog aja..biar lebih gampang dibuka dan gak cepet rusak…wkwkwk..[stupid..:P]

Lomba Pidato Harkitnas  —
Siswa
Kritik Mahasiswa Demo

Denpasar (Bali Post) –
Usia bukan ukuran orang itu kritis atau tidak. Buktinya, pada ajang lomba pidato Harkitnas antar-SMA se-Badung dan Kota Denpasar, peserta tak canggung-canggung mengkritik pemerintah sekarang dan mahasiswa yang suka demonstrasi. Menurut sejumlah peserta, mahasiswa sebaiknya lebih serius belajar untuk memperbaiki keadaan bangsa ini ke depan.

Demikian terungkap pada lomba Pidato dan Mengarang Harkitnas ke-98, Sabtu (20/5) di Fakultas Sastra Unud. Menurut peserta Made Moga Karisma dari SMUN 5 Denpasar, mahasiswa dan siswa diharapkan lebih banyak melakukan hal-hal yang positif. Sebab, dalam membangun bangsa agar lebih baik dari keadaan sekarang, harus dikelola dengan jujur dengan etika dan moral yang positif. Jika tidak dimulai dari generasi muda, bangsa ini akan makin terpuruk.

Sejumlah peserta juga mengkritik perkembangan bangsa akhir-akhir ini yang sangat jauh dan melenceng dari cita-cita Bung Tomo. Di mana telah terjadi penurunan rasa nasionalisme. Misalnya, di Irian telah terjadi pengusiran penduduk yang bukan asli Irian. Di Jakarta, penyanyi dangdut Inul Daratista juga diusir oleh sebuah organisasi massa dari Jakarta hanya gara-gara ikut mendukung menolak RUU APP.

Hal senada dikatakan Dekan Fakultas Sastra Unud Prof. Dr. I Gede Ardika. Ia mengatakan, rasa nasionalisme makin tahun makin rapuh. Bahkan yang muncul adalah fanatisme kedaerahan yang sangat super sempit (S3). Bahkan sejumlah daerah juga ingin merdeka dan berpisah dari NKRI seperti Maluku, Irian Jaya, dan Aceh.

Menurut Panitia Lomba Drs. K. Sudewa, kualitas lomba pidato terkait dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dari tahun ke tahu terus meningkat. Baik dari segi penampilan, isi, maupun kebahasaan. Dari segi isi, tema yang diangkat sangat aktual dan mengikuti perkembangan fenomena bangsa sekarang. Untuk Harkitnas tahun ini jumlah pesertanya memang dibatasi hanya untuk SMU negeri dan swasta di Badung dan Denpasar.

Hasil penilaian juri, pemenang lomba pidato yakni juara I, I Gede Mas Saputra (SMAN 3 Denpasar), juara II, I Made Moga Karisma (SMAN 5 Denpasar), dan Ayu Dewantari Puspawardani (SMUN 1 Denpasar). (023)

from: Bali Post Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: