Account Payable dan Account Receivable

Saat ini aku sedang berkutik dengan hal hal yang berbau FI dan CO, lebih tepatnya sih SAP FICO. Meskipun aku belum pernah ikutan training training SAP (yang katanya sih mahal beudh), tapi dengan belajar sendiri, setidaknya dikit-dikit mesti tau lah ya istilah istilah di finance –“, mesti tau transaksi yang ada disana, yang kadang kadang belibet alias rumit.

So, mari kita post dikit-dikit dulu aja ya. Kebetulan beberapa bulan lalu join di project Invoice Reader yang didalemnya sering ngebahas vendor dan account payable (karena biasanya invoice kita terima dari vendor atau third parties).

Nyambung dengan itu, biasanya transaksi di perusahaan juga ga jauh jauh dari hubungannya dengan customer n vendor. Apa itu customer n Vendor? ini dia:

Lagi

Pengenalan SAP ABAP (Sesi 1)

Jenis programming di SAP ABAP ada 2, yaitu :

  1. Report Programming : Report adalah sebuah program yang membaca dan menganalisa data dalam tabel-tabel database tanpa mengubah database
  2. Dialog Programming : Dialog programming ini mengijinkan anda untuk bekerja secara interaktif dengan sistem dan mengubah konten dari tabel database. Setiap dialog program memiliki sekuens screen tertentu yang diproses oleh sistem satu-satu secara bertahap.

Jika ABAP program anda meminta user input, maka dialog programming lah yang digunakan.

Lagi

Pengenalan SAP (sesi 1)

Berikut adalah pemahaman saya tentang SAP secara global, berdasarkan sumber-sumber dari internet. Apabila ada yang kurang sesuai, mohon dimaklumi karena sedang dalam tahap belajar :)

SAP adalah sebuah sistem yang dibangun untuk mendukung semua aktifitas bisnis dan hubungannya dengan customer dari sebuah enterprise yang terintegrasi dan efisien. Sistem ini menggabungkan key business functions dari organisasi

Lagi

Happy Valentine day!

Okee, mestinya sih uda lewat ya hari Valentine. Tapi ga apa lah ya ngepost nya agak telat gini :p
Mengingat ngingat Valentine, jdi ingat sm Valentine tahun lalu. Di kota yg menurutku paling romantis di dunia. Tapi ada 1 hal yg paling bikin nyesel. Jadi pas malem Valentine, kita bertiga malah ketiduran di hotel krn efek jetlag. *parah abis* sekitar jam 10 mlm baru bangun. Plus dlm kondisi kelaparan. Smpe skrg msi terasa nyesel nya.
Semoga di tahun tahun mendatang bisa kesana lgi, tp dengan orang terkasih :3 yaa anggap aja session 2 lah.
Lagi

Memperingati 1 tahun petualangan di Paris (12 februari)

1 tahun tidak terasa ternyata. Rasanya baru kemarin ikut sidang tugas akhir, eh skrg uda kerja aja. Banyak kenangan yg sulit buat dilupakan. Terutama pengalaman buat ikut lomba di Paris. Tepat satu tahun lalu, tgl 12 februari, aku dan ketiga teman berangkat jam 5 sore dari Surabaya ke Perancis, dengan transit dulu di Singapore. Dari Surabaya naik silk air, dari Singapore naik Singapore Airlines. Waktu itu sebuah kejadian, hampir membatalkan keberangkatanku ke Perancis. Sial banget sore itu sebelum Check in di counter, pasporku tiba2 ilang entah Kmana. Dicari di sepanjang perjalanan dari security di pemeriksaan bagasi sampai di counter, ga ada. Uda hampir putus asa aku cari paspor itu dibawah alat pemeriksa bagasi.. Untungnyaaa ternyata itu paspor jatuh disana. Wah, untung ketemu.. Kalau nggak, batal agenda di Paris. Huhuhuhu Setelah masalah paspor kelar, akhirnya kami bisa berangkat dengan tenang. Baru kali itu melakukan perjalanan di udara kurang lebih 16-18 jam. Rasanya itu.. WOW

Good bye my previous job. I love u all, my friends

Beberapa hari yg lalu, tepat tgl 8 februari 2012 merupakan hari terakhirku di perusahaan sebelumnya (off the record) :p. Lebih banyak sedihnya sih daripada senangnya. Namanya jg perpisahan. Pasti bakal campur aduk dengan bau bau air mata dan kesedihan. Apalagi tiap hari makan bareng temen2. Pagi, siang, dan malam. Nah, sekarang bakal ga bisa jalan2, karaoke, dan makan bareng mereka lgi.. :’)
Apalagi balasan temen2 pada bikin mellow lagi. Ada 1 email yg menurut paling bikin sedih.

Lagi

Kuat dan bersabarlah..

Seseorang punya batasan kesabaran dan daya tahan perasaan.. Ya, walaupun tidak semua orang bisa mengungkapkan dengan baik semua gejolak yang dilaluinya

Senyum pun mampu mengaburi rasa yang sebenarnya. Tawa palsu juga kadang sengaja ditunjukkan demi menghibur hatinya yang sakit. 

Ya, aku sudah dewasa. Mungkin bukan saatnya lagi untuk mengumbar luka.

Kalau di luar sana juga banyak orang yang lelah dengan hidup. Tapi bersyukurlah masih bisa hidup dengan anggota tubuh yang lengkap, anggota keluarga yg lengkap, teman, kehidupan yang berkecukupan.. Apa lagi yang ingin diminta?

Cuma perlu kekuatan dan kesabaran untuk menghadapi semuanya. Daripada menyakiti diri sendiri, lebih baik untuk pasrah, tetap berusaha, tabah, dan berdoa agar segala masalah cepat selesai :’) 

Previous Older Entries